Rabu, 12 Oktober 2016

// // 1 comment

Mengenal Biola

      Biola adalah salah satu bagian dari keluarga string (Bowed string Family), selain biola ada juga Viola, Cello, dan Bass. Keempat instrument itu menjadi salah satu tulang punggung baik dalam musik klasik maupun musik kontemporer, keempat instrument memiliki kesamaan bentuk yang membedakan hanya ukuran, biola menjadi instrument terkecil, sedangkan bass atau contra bass menjadi ukuran terbesar. walaupun biola menjadi ukuran terkecil, biola memiliki suara soprano yang spesial yang bisa mengekspresikan emosi dari sebuah musik, biola memiliki intensitas dan warna suara bagaikan pelukis yang hebat. 
     
                           Sources
     Biola merupakan alat musik yang komplek, dalam membuat biola ahli biola atau disebut dengan Luthier perlu keahlian khusus, kenapa ?, karena biola memeiliki lebih dari 70 bagian yang digabung, serta dalam membuat biola tidak sembarang kayu yang digunakan, kayu yang digunakan ialah kayu maple dan spruce yang hidup di eropa. jadi, biola yang terbuat dari kayu jati maupun mahoni tidak sebagus kayu spruce dan maple. ini berkaitan dengan sifat akustik dari kayu tersebut. para pembuat biola dan peneliti menyimpulkan  bahwa kayu spruce dan maple memiliki akustik yang bagus, itu adalah alasan kenapa biola yang suaranya bagus pasti mahal.karena kayu spruce dan maple hanya hidup didaerah sub-tropis. selain kayu senar biola dan bow (penggesek biola juga berpengaruh, senar biola tradisional terbuat dari usus domba atau biasa disebut dengan catgut, tapi pada era modern sekarang senar biola dibuat dari steel core, serta synthetic core. steel core memiliki kualitas yang rendah, sedangkan syntethic core memiliki kualitas sedang sampai bagus. senar yang paling bagus dalam menghasilkan suara ialah catgut.

      Memainkan biola harus memiliki kesabaran dan mental yang luar biasa, kenapa ? karena biola berbeda dengan instrumen musik yang lain, dalam memainkan biola pemain harus menahan biola diantara bahu dan dagu/leher, ini akan sangat melelahkan bagi pemula, selain itu biola merupakan instrumen yang fretless (tidak memiliki fret) sehingga menyulitkan untuk memainkan nada dengan tepat, dan itu ditamabah dengan tangan kanan yang memegang Bow biola (penggesek biola), tangan kanan ini menjadi penentu kualitas suara biola, mulai dari warna suara, intensitas suara, dinamika suara. dapat disimpulkan dalam memainkan biola otak kita diwajibkan untuk multitasking, semua hal yang disebutkan diatas tidak gampang, banyak pemula yang putus asa karena kurang menguasai hal - hal diatas (biasanya alasanya karena tidak memiliki talenta), saya tidak menakut - nakuti bagi yang ingin bermain biola, saya hanya memberitahu untuk menyiapakan mental dan kesabaran yang lebih agar bisa menguasai biola. biola akan mudah dikuasai bila dilakukan tahap demi tahap dan berulang ulang. semua orang pasti bisa, kok. dalam belajar biola tidak harus perlu memiliki talent, tapi harus memiliki kemauan, motivasi yang bagus dalam berlatih biola. 

      sekian dulu, ya gan. semoga postingan tentang biola ini menambah motivasi dan pengetahuan agan -agan semua tentang biola. tunggu terus untuk update selanjutnya mengenai biola.....





   


1 komentar: