Senin, 17 Oktober 2016

// // Leave a Comment

Tips : Bagaimana Meningkatkan Kualitas Suara Biola


      Pada postingan kali ini  saya akan memberi tips bagaimana membuat suara biola menjadi lebih bagus. ini sangat berguna bagi yang memiliki instrument biola dengan budget rendah, dalm dunia perbiolaan kita menyadari untuk mendapat kan suara yang bagus perlu budget besar. yang akan saya share kali ini, tidak memerlukan biaya banyak bahkan tidak memerlukan biaya sama sekali. langsung saja ke tips pertama :

1. Tekanan pada Bow Biola
          
    Tekanan pada Biola atau disebut dengan Bow Preasure. ini sangat memengaruhi kualitas suara biola anda, tekanan pada bow pada biola ini menggunakan jari telunjuk, jika anda memberi tekanan berlebihan suara akan menjadi berat seperti bunyi engsel pinu, jika tidak ada tekanan suara akan menjadi whisper atau ghostly (suara tidak ada tonalitasnya). dalam mengontrol tekanan bow ini perlu latihan yang rutin dan kesabaran , anda dapat memulai dengan melakukan gesekan panjang pada open string , bagian ujung bow harus diberi ekstra tekanan, karena berat dari ujung bow ringan sedangkan untuk bagian frog diberi tekanan yang rendah.

2. Bermain dengan Bow yang Lurus

      Usahakan untuk menjaga bow agar tetap lurus saat bermain, ini penting karena, jika bow lurus atau sejajar dengan bridge maka kontak hair terhadap senar akan semakin besar, jika kontak besar maka suara yang ditimbulkan tonalitasnya akan bertambah. anda bisa berlatih didepan cermin untuk mengetahui apakah pada saat menggesek lurus atau tidak. teknik ini harus segera dipelajari bagi pemula.

3. Gunakan Rosin yang Bagus
        
     Banyak sedikitnnya rosin perlu diperhatikan, jika terlalu banya rosin yang diaplikasikan maka suara akan menjadi scratchy, berat seperti bunyi engsel pintu tua, jika terlalu sedikit bunyi akan menghilang jika digesek. jadi, dalam pemberian rosin tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. dan jangan membersihkan bow jika terlalu banyak rosin, usahakan untuk tetap memeainkanya sampai rosin di bow berkurang.

4. Ganti Senar Biola

   Mengganti senar biola bisa membuat dampak yang besar pada suara biola, Senar sintetik direkomendasikan, karean senar sintetik mempunyai karakteristik suara yang hangat, dark, tonalitas yang bagus, dan harga dari senar sintetik tidak terlalu mahal dibanding dengan Gut string. dan hindari steel core, kenapa ? karena steel core mempunyai karakteristik suara yang keras, nyaring, bright, dan tonalitas yang kurang.

5. Lokasi ketika menggesek Biola
  
     Lokasi dalam menggesek biola bisa didekat bridge atau biasa disebut dengan sul ponticello, atau didekat fingerboard biasa disebut dengan sul tasto. suara yang dihasilkan keduanya berbeda jika anda ingin suara biola penuh dengan harmoni gesek dekat bridge, jika ingin nuansa sedih, kalem gesek dekat dengan fingerboard. anda juga bisa menggesek di antara keduanya. setiap biola punya sweet spot. Bagaimana menemukanya ?, jawabanya adalah latihan pendengaran dan latihan rutin.


Itu adalah beberapa tips untuk meningkatkan suara biola, pada dasarnya kita harus latihan rutin untuk meningkatakn suara biola menjadi lebih indah, percuma saja jika anda memiliki biola mahal tapi jarang latihan suara akan menjadi jelek. nah semoga artikel ini bermanfaat, selamat berpetualang dengan biola anda
     

0 komentar:

Posting Komentar